Selasa, 27 April 2010

Tumbuhan Obat


Pisang (Musa Paradisiaca, Linn.)

tanaman obat
Tumbuhan ini berasal dari Asia dan tersebar di spanyol, Itali, Indonesia, Amerika dan bagian dunia yang lain. Tumbuhan pisang menyukai daerah alam terbuka yang cukup sinar matahari .
Penyakit Yang Dapat Diobati

Kanker Perut
Tunas / anak batang pohon pisang dan 1 potong tumbuhan benalu teh
Cara membuat: anak pisang diparut dan diambil airnya sebanyak 4 gelas, kemudian direbus bersama dengan benalu teh tersebut sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore secara teratur.

Sakit Kuning
Buah pisang emas yang sudah masak, makan buah pisang emas yang banyak.

Pendarahan Usus Besar
tunas/ anak pisang dan 1 potong bonggol benalu teh,anak pisang diparut dan diperas untuk di ambil airnya sebanyak 2 gelas kemudian direbus bersama dengan bonggol benalu teh tersebut sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. disaring dan diminum 2 kali sehari 1 cangkir.

Sariawan Usus
Kulit buah pisang kluthuk yang sudah masak dan buah pisang mentah.Kulit pisang kluthuk dan buah pisang mentah diiris-iris tipis,tumbuk halus, diperas sampai keluar airnya dan diembun-embunkan semalam di luar rumah. diminum setelah bangun tidur / pagi hari.


Ambeien
buah pisang kluthuk yang masih mentah, adas pulasari secukupnya dan 1 potong gula merah.
buah pisang kluthuk diparut untuk diambil airnya. Kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan diaduk sampai merata.disaring dan diminum.

Cacar Air
bonggol batang pisang kluthuk, adas pulosari,bonggol pisang diparut untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan bahan lainnya sampai merata. disaring dan diminum.

Tenggorokan Bengkak
Bonggol pisang kapok (kepok), Bonggol pisang diparut dan diperas untuk diambil airnya. dipakai untuk kumur.




Rambutan (Nephelium lappaceum L.)

tanaman obat
Rambutan banyak ditanam sebagai pohon buah, kadang-kadang ditemukan tumbuh liar. Tumbuhan tropis ini memerlukan iklim lembap dengan curah hujan tahunan paling sedikit 2.000 mm. Rambutan merupakan tanaman dataran rendah, hingga ketinggian 300--600 m dpl.

BAGIAN YANG DIGUNAKAN
Bagian tanaman yang digunakan adalah kulit buah, kulit kayu, daun, biji, dan akarnya.
Kulit kayu digunakan untuk i: sariawan.
Daun digunakan untuk : diare,menghitamkan rambut.
Akar digunakan untuk : demam.
Biji digunakan untuk : kencing manis (diabetes melitus).


CARA PEMAKAIAN
Untuk obat yang diminum, tidak ada dosis rekomendasi. Lihat contoh pemakaian.Untuk pemakaian luar, giling daun sampai halus, lalu tambahkan sedikit air. Gunakan air perasannya untuk menghitamkan rambut yang beruban.
Penyakit Yang Dapat Diobati
Demam
Cuci kulit buah rambutan yang telah dikeringkan (15 g). Tambahkan tiga gelas air bersih, lalu rebus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.

Kencing manis
Gongseng biji rambutan (lima biji), lalu giling sampai menjadi serbuk. Seduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin, minum airnya sekaligus. Lakukan 1--2 kali sehari.

Sariawan
Cuci kulit kayu rambutan (tiga ruas jari), lalu rebus dengan dua gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Gunakan untuk berkumur selagi hangat .

0 komentar:


Silakan Bekomentar.!!!


Semakin banyak berkomentar, semakin banyak backlink, semakin cinta Search Engine terhadap blog anda
:a:
:b:
:c:
:1: :2: :3: :4: :5: :6:
:7: :8: :9: :10: :11: :12:

Posting Komentar